Prabowo Subianto Buka Turnamen Nusantara Open 2023 Sekaligus Resmikan Akademi Sepak Bola Garudayaksa

Peresmian Akademi Sepak Bola Garudayaksa
Peresmian Akademi Sepak Bola Garudayaksa. (Dok: Istimewa)


SIARANBEKASI.com - Prabowo Subianto telah membuka turnamen sepak bola Nusantara Open 2023 sekaligus meresmikan Akademi Sepak Bola Garudayaksa.


Turnamen ini berlangsung di Lapangan Akademi Garudayaksa, Cisaat, Kabupaten Bekasi, pada hari Kamis (14/12/2023) siang dengan partisipasi 16 tim.


Sebagai Ketua Dewan Pembina Akademi Garuda Yaksa, Prabowo Subianto secara langsung membuka acara tersebut.


Sebelumnya, ia juga meresmikan kompleks Garudayaksa yang luasnya mencapai 60 hektar dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.


Acara peresmian dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, serta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Prabowo, Erick, dan Menpora Dito sempat melihat fasilitas di kompleks Garudayaksa Football Academy, termasuk fasilitas gym.


Selain mereka, juga hadir mantan Ketua Umum PSSI M Iriawan, bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali dan Sekjen Yunus Nusi.


Kompleks akademi sepak bola Garudayaksa ini adalah gagasan dari Prabowo Subianto, dibangun di lahan seluas 60 hektar dengan enam lapangan, satu indoor stadium, serta asrama modern dengan fasilitas lengkap. Tujuannya adalah untuk pembinaan sepak bola usia muda.


Setelah peresmian, Prabowo dan Menpora Dito langsung menuju lokasi penyelenggaraan turnamen Nusantara Open 2023 yang diikuti oleh 16 tim, termasuk 11 Tim Elite Pro Academy (EPA) dan enam tim akademi sepak bola dari berbagai daerah.


Adapun lima akademi daerah yang berpartisipasi adalah PSLS Lhokseumawe, Bintang Timur Atambua, Garudayaksa FA, Malut Selection, dan ASIOP Apacinti.


Prabowo Subianto menegaskan bahwa Akademi Garudayaksa terbuka untuk umum, dengan proses seleksi pemain yang terbaik melalui seleksi daerah.


Para pesepakbola terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh di Garudayaksa dan kesempatan untuk pendidikan di Aspire Academy Qatar.


Selain untuk sepak bola, lahan seluas sepuluh hektar juga akan digunakan sebagai pusat pelatihan untuk cabang olahraga lainnya, sesuai dengan penjelasan dari Prabowo.



Editor: Uje


Tags

To Top