Implementasi Smart City, Diskominfo Kab Bekasi Ajak Perangkat Daerah Bersinergi

Diskominfo Kabupaten Bekasi
Diskominfosantik Kabupaten Bekasi. (Dok: Istimewa)


SIARANBEKASI.com - Diskominfosantik Kabupaten Bekasi menggelar Rapat Evaluasi Implementasi Smart City bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI secara virtual, pada Jumat (03/11/2023) di Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.


Yan Yan Akhmad Kurnia, Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, menekankan pentingnya peran seluruh perangkat daerah dalam mewujudkan konsep smart city di Kabupaten Bekasi.


Smart city bukan hanya tanggung jawab Diskominfosantik, melainkan semua perangkat daerah harus berkolaborasi untuk mendukung Kabupaten Bekasi menjadi smart city.


Yan Yan menjelaskan bahwa evaluasi terus dilakukan bersama Kementerian Kominfo untuk menyempurnakan masterplan yang telah dirancang untuk Kabupaten Bekasi dalam perjalanan menuju smart city.


Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan langkah-langkah yang diambil sesuai dengan tujuan pembangunan kota pintar.


Bahrul Ulum, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Kominfosantik, menjelaskan bahwa proses transformasi menuju smart city masih berlangsung di Kabupaten Bekasi.


Program-program dari berbagai dinas terkait telah dilaksanakan sebagai bagian dari upaya menciptakan kota cerdas, termasuk program terkait kesehatan, lapangan pekerjaan, dan aspek lain yang berdampak pada masyarakat. Fokus selanjutnya adalah mendukung dan merealisasikan infrastruktur yang diperlukan.


Kabupaten Bekasi diharapkan segera bertransformasi menjadi smart city mengingat hanya sedikit kabupaten di Jawa Barat yang masih berkesempatan melakukannya.


Tahun depan diharapkan menjadi momen penting dalam merealisasikan konsep smart city yang sudah direncanakan sebelumnya. Hal ini merupakan tanggapan terhadap tuntutan zaman, di mana semua daerah berupaya menjadi smart city dengan fokus pada penyelesaian masalah lokal.



Editor: Uje


Tags

To Top